Jumat, 21 Januari 2011

LINGKUNGAN DAN PERUBAHAN IKLIM

Air merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Namun apa jadinya jika air itu tersedia dalam jumlah berlebihan? Banjir? Itu pasti. Seperti yang sering dikatakan orang bijak dan para ulama: segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Seperti yang dialami para petani padi di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo.
Musim hujan berkepanjangan menyebabkan meningkatnya populasi wereng.
Dari informasi yang saya dapatkan, sudah tiga kali para petani menderita gagal panen karena hama wereng. Tanaman padi menjadi merah kering seperti terbakar.
Sawah yang gagal panen akibat wereng di Nguter, Sukoharjo (Dokumentasi Penulis)


Gagal panen tersebut mengakibatkan perekonomian desa tidak stabil. Akhirnya para petani terpaksa membeli beras. Sungguh ironis mengingat Kabupaten Sukoharjo adalah lumbung padi Jawa Tengah, khususnya Karesidenan Surakarta.

Penanggulangan:
Beberapa petani menangani hama wereng ini dengan cara yang tidak tepat. Penggunaan insektisida yang berlebihan sangatlah berbahaya dan berpotensi membuat hama wereng tersebut menjadi kebal.
Bayangkan saja apa dampaknya terhadap lingkungan? Global warming makin menggila dan perubahan iklim makin ekstrim. Hal tersebut tentunya tidak menjamin musim hujan berkepanjangan ini segera berakhir. Malah sebaliknya, tidak menutup kemungkinan musim hujan akan berlangsung semakin lama. 2 tahun? 3 tahun?
Tebak apa yang akan terjadi? Populasi wereng makin bertambah, jumlah sawah gagal panen meningkat, persentase kemiskinan merangkak naik.

Menurut pendapat saya, sudah seharusnya para petani beralih menanam tanaman lain (setidaknya sampai serangan wereng ini mereda). Jagung misalnya. Nasi jagung bisa menggantikan nasi dari beras sebagai makanan pokok. Tentunya pemerintah juga harus mendukung penuh tindakan ini dengan melakukan pengadaan bibit jagung dan penyuluhan pada para petani.

Kita harus merangkul semua elemen masyarakat untuk sebuah perubahan. Bukan hanya petani tapi juga pemerintah, pedagang, pelaku industri besar maupun kecil, PNS, pelajar, mahasiswa, semuanya. Kita tidak bisa menutup mata akan penderitaan para petani. Kepedulian kita bisa kita tunjukkan dengan menjaga kelestarian lingkungan. Go green! Cegah global warming. Jika semua petani tidak panen, mau makan apa?

1 komentar:

muara karya mengatakan...

Dikampungku juga gtow cie, bahkan air asin juga naik, yang bikin petani gagal panen

Posting Komentar